Selasa, 29 Oktober 2013

MAINAN TRADISIONAL JEPANG (Part 1)

Apakah kalian tau permainan koma (gasing) ? Tako (layangan) ? atau Takeuma (egrang) ?

Iyaa... itu semua permainan tradisional jepang, hampir sama dengan permainan yang dimiliki oleh Indonesia ^^

Jepang memiliki banyak mainan tradisional yang menghibur anak-anak. Dalam era modern ini, masih ada beberapa mainan tradisional yang masih dimainkan oleh para generasi muda jepang. Kebanyakan dari mereka memainkannya pada saat tahun baru.

Berikut beberapa jenis mainan tradisional jepang :

1. Koma (gasing)



Koma bisa terbuat dari berbagai material/bahan dan terdiri dari beberapa tipe. Cara mainnya adalah dengan memutarkan gasing menggunakan tali. Beigoma, sejenis Koma, sangat popular di Jepang pada tahun 1920an, terbuat dari besi.

2. Ohajiki/B-dama


Ohajiki adalah permainan dengan menggunakan kelereng berbentuk pipih (ohajiki) dengan diameter 1-1.5 cm. Peraturan dasar dari permainan ini adalah kita harus membidik dan menembak  ohajiki-ohajiki tersebut. Ohajiki yang berhasil ditembak, boleh diambil sang penembak. Permainan ini lebih sering dimainkan oleh anak perempuan.

3. Daruma Otoshi


Permainan ini menggunakan boneka Daruma yang terdiri dari 5 bagian, biasanya tiap bagian sewarna dengan warna pelangi (biru, merah, kuning, dan hijau). Permainan ini menggunakan palu kecil untuk memukul tiap bagiannya. Selama permainan, selain bagian yang dipukul, bagian lainnya tidak boleh jatuh.

4. Otedama


Otedama adalah permainan yang biasa dimainkan oleh anak perempuan Jepang. Terdiri dari 5 kantung kecil yang berisi kacang-kacangan. Cara memainkannya adalah dengan melempar dan menangkap kantung tersebut. Ada dua formasi dasar dari otedama, yaitu nagedama dan yosedama. Nagedama cara bermainnya adalah dengan melempar dan menangkap, seperti juggling. Yosedama lebih seperti bermain bekel, tetapi dengan menggunakan kantung kecil.

5. Menko


Menko merupakan permainan dengan menggunakan kartu bergambar, berbentuk lingkaran maupun persegi, dimainkan oleh 2 orang atau lebih. Cara mainnya adalah setiap pemain berusaha membalikkan kartu lawan dengan cara menyerang atau melempar satu kartu ke kartu lainnya. Jika berhasil, kartu yang terbalik boleh diambil. Pemenangnya adalah pemain yang memiliki kartu paling banyak di akhir permainan.

6. Tako (layangan)


Layangan di Jepang terdiri dari berbagai macam bentuk dan ukuran, serta sering dihiasi dengan gambar. Ada permainan perang layangan, dimana setiap pemain saling berusaha memutuskan benang layangan para lawannya.

7. Takeuma (egrang)


Cara bermain Takeuma sama dengan bermain egrang di Indonesia. Pemain berjalan dengan menggunakan 2 buah tongkat panjang yang dipasangkan papan kecil ditiap tongkat sebagai pijakan. Semakin tinggi papan, maka akan semakin sulit untuk menyeibangkan badan. Tongkat tersebut biasanya terbuat dari bambu yang panjang.

Sekian dulu untuk hari ini yaa... Besok akan saya lanjutkan lagi :D

To Be Continue... :P

1 komentar: